Resep dan Cara Membuat Lumpia Goreng Isi Udang yang Renyah dan Nikmat


Lumpia adalah salah satu hidangan favorit yang sering disajikan dalam setiap keluarga. Makanan yang satu ini akan sangat cocok jika dinikmati dengan sambal ataupun mayonnaise. Selain itu hidangan yang gurih ini juga bisa dinikmati dengan cabai rawit.

Mungkin selama ini kita hanya mengenal lumpia goreng saja. Namun ternyata lumpia goreng ini memiliki jenis yang sangat beragam. Dimana jenisnya ini disesuaikan dengan isi yang melengkapinya. Diantaranya ada lumpia dengan isi sayuran, tahu, daging dan seafood. Salah satu lumpia dengan isi seafood ini yaitu lumpia udang.

Lumpia udang ini akan memberikan sajian yang berbeda kepada anda semua. Citra rasanya pun akan sangat berbeda dengan lumpia-lumpia lainnya. Komposisi bumbu serta udang yang melengkapi akan semakin menambah santapan yang satu ini lebih spesial lagi. Bahkan ketika pertama kali menggigitnya anda akan menjadi ketagihan.

Nah, jika anda penasaran denangan lumpia yang satu ini maka anda bisa membelinya. Namun yang menjadi masalahnya, lumpia yang satu ini jarang sekali ada yang menjual. Oleh sebab itulah, mau atau tidak mau jika anda ingin mencicipinya maka anda harus membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya pun sangatlah sederhana sekali, serta bahan-bahan yang digunakannya pun sangat mudah kita dapatkan di pasaran. Meskipun anda belum pernah memiliki pengalaman sama sekali membuat lumpia yang satu ini, namun anda tidak perlu khawatir. Dengan melihat dan menyimak cara membuat di bawah ini semuanya akan menjadi lebih mudah.

Resep Lumpia Goreng Isi Udang yang Renyah dan Nikmat

Bahan Kulit

  • 350 ml air bersih
  • minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan Isi

  • 200 gr udang segar
  • 1 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 butir telur ayam
  • 1 batang bawang daun polong

Cara Membuat Lumpia Goreng Isi Udang yang Renyah dan Nikmat

Cara Membuat Isi

  1. Langkah pertama yaitu, kupas kulit udang dan buang bagian kepalanya lalu cincang halus.
  2. Cincang bawang putih dan bawang merah yang telah anda siapkan.
  3. Lalu isris halus bawang daun polong.
  4. Siapkan wadah dan campurkan bahan untuk isi, lalu tumis semua bahan hingga matang. Sisihkan sejenak.

Cara Memasak

  1. Campurkan bahan kulit dalam wadah yang lain, sambil diaduk hingga merata.
  2. Lalu oleskan minyak secukupnya pada wajan datar. Tuangkan setiap satu sendok sayur bahan kulit dan ratakan. Jika sudah, angkat dan sisihkan. Lakukan cara yang sama hingga semua bahan habis.
  3. Setelah itu, ambil setiap 2 sendok makan atau sesuai dengan selera anda bahan isi yang telah ditumis. Lalu simpan di atas kulit dan gulung. Ulangi cara yang sama hingga selesai.
  4. Selanjutnya, panaskan minyak secukupnya dan goreng lumpia hingga matang dan berwarna kecoklatan. Jika sudah angkat dan tiriskan. Lumpia ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat.
  5. Itulah resep dan cara membuat lumpia isi udah yang renyah dan nikmat. Lumpia ini bisa dijadikan teman disela-sela aktivitas anda atau anda bisa menyajikannya di tengah-tengah keluarga tercinta. Bahkan lumpia ini juga bisa disantap dengan nasi hangat. Dengan adanya resep ini maka pengetahuan anda akan resep makanan semakin bertambah. Sehingga dengan begitu anda tidak akan menyajikan makanan yang sama dalam setiap harinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.