Resep dan Cara Membuat Puding Buah Segar dan Bergizi


Semua orag tentunya tidak akan diasingkan lagi dengan salah satu hidangan yang memiliki tekstur kenyal dan bercitra rasa nikmat ini, yakni puding. Pada umumnya puding ini selalu dihidangkan sebagai makanan penutup. Selama ini banyak sekali hidangan puding yang telah kita kenal, dan salah satu puding yang digemari oleh banyak orang ini yaitu puding buah. Rasa segar dan nikmat dari berbagai macam buah ini akan memanjakan siapa saja orang yang menyantapnya. Bahkan dengan tampilan yang menarik dengan variasi warna yang berbeda dari buah-buahan ini akan membuat semua orang yang melihatnya ingin segera menyantapnya. Tidak hanya itu, kandungan yang ada pada buah yang melengkapinya juga akan sekaligus membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sehingga selain nikmat untuk disantap juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Nah, untuk mendapatkan puding yang satu ini tentunya anda semua tidak akan dibuat bingung lagi. Pasalnya, puding buah ini sudah banyak dijajakan di toko-toko kue terdekat dan tentunya dengan harga yang berbeda-beda pula. Namun, jika dibandingkan dengan membelinya lebih baik anda membuatnya sendiri di rumah. Dan tentunya ketika anda membuatnya sendiri dirumah maka anda bisa membuatnya sesuai dengan selera dan keinginan anda.

Dalam proses pembuatan puding buah ini tentunya membutuhkan berbagai macam buah-buahan. Dan semua bahan-bahan yang diperlukan bisa anda dapatkan dengan mudah di minie market atau super market terdekat. Dan pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai resep dan cara membuat puding buah segar dan bergizi. Di bawah ini resep dan cara membuat puding buah segar dan bergizi.

Bahan-Bahan yang Diperlukan :


  • 1 bks agar-agar merah
  • 1 kaleng buah leci, tirsikan dan airnya digunakan untuk campuran puding
  • 200 ml air
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sendok teh vanila bubuk
  • Agar-agar warna putih 2 bungkus
  • 150 gr gula pasir
  • 600 ml susu cair
  • 100 gr apel malang
  • 2 sdm selai strawbery
  • 100 gr pepaya
  • 1 buah pisang ambon
  • 1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Puding Buah Segar dan Lezat


  1. Langkah pertama yaitu, siapkan terlebih dahulu loyang berbentuk cincin yang bisa menampung 2 liter, lalu basahi dengan air.
  2. Setelah itu, campurkan agar-agar dengan air buah leci, air, gula pasir dan vanila bubuk pada panci. Lalu, panaskan semua bahan pada api kecil, aduk merata hingga mendidih dan angkat.
  3. Selanjutnya, buah leci yang telah disiapkan susun di atas loyang, lalu adonan yang telah dibuat tadi tuangkan di atasnya secara perlahan-lahan dan diamkan adonan tersebut hingga mengeras.
  4. Kemudian, haluskan buah apel, pisang ambon dan pepaya yang telah disiapkan lalu tambahkan air jeruk nipis dan aduk rata. Campurkan agar-agar putih dengan susu cair dan selai strawbery, panaskan dan aduk rata hingga mendidih, tambahkan jus buah yang telah dibuat, lalu aduk kembali hingga merata. Lalu, angkat dan tuangkan ke dalam loyang yang berisi adonan pertama. Hilangkan uap panasnya dan simpan dalam lemari pendingin.
  5. Setelah dingin dan hasil yang didapatkan sempurna, maka puding buah segar ini siap untuk disajikan. Dan puding ini bisa anda potong menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera anda.

Itulah resep dan cara membuat puding buah segar. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba. (bisikan)